KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENERAPKAN 8 KETERAMPILAN MENGAJAR BAGI GURU SD NEGERI 4 KONTUNAGA KABUPATEN MUNA

Authors

Keywords:

Keterampilan, Guru PAI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari data, informasi dan untuk mengetahui tentang kemampuan guru rumpun PAI dalam menerapkan 8 keterampilan mengajar bagi guru SD Negeri 5 Kontunaga Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Kontunaga Kabupaten Muna. SD Negeri 4 Kontunaga Kabupaten Muna tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data guru pada rumpun mata pelajaran PAI dan untuk mengetahui kemampuan guru rumpun mata pelajaran PAI dalam menerapkan 8 keterampilan mengajar guru. Datanya diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data diwujudkan dalm bentuk laporan dan uraian deskriptif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru rumoun PAI di SD Negeri 4 Kontunaga Kabupaten Muna dalam menerapkan 8 keterampilan mengajar sudah cukup mampu menerapkan 8 keterampilan mengajar guru dengan rincian 84.4% untuk kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya, 75% keterampilan memberi penguatan , 68.8% keterampilan mengadakan variasi, 83.3% keterampilan membuka dan menutup pelajaran, 75% keterampilan menjelaskan, 62.5% keterampilan mengelola kelas, 95% keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan 75% untuk keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.

Published

2024-07-31

How to Cite

KEMAMPUAN GURU RUMPUN PAI DALAM MENERAPKAN 8 KETERAMPILAN MENGAJAR BAGI GURU SD NEGERI 4 KONTUNAGA KABUPATEN MUNA. (2024). JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID, 9(1), 1-12. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/61

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.