STRATEGI GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN 6 KATOBU KABUPATEN MUNA

Authors

Keywords:

Pemanfaatan TIK, dalam PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi guru PAI dalam memanfaatkan TIK pada siswa kelas V SD Negeri 6 Katobu, Kabupaten Muna, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan mendorong pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui pengumpulan data lisan dan kata-kata dari subjek penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAI dipengaruhi oleh faktor-faktor yang beragam. Faktor-faktor penghambat meliputi keterbatasan aksesibilitas, keterampilan teknologi yang terbatas, dan ketidakpastian dalam pemahaman konsep. Di sisi lain, faktor-faktor yang mendorong pemanfaatan TIK mencakup dukungan guru yang kuat, lingkungan belajar yang kondusif, keberhasilan dan penghargaan, serta relevansi dan daya tarik materi PAI. Untuk mengatasi hambatan dan memperkuat faktor- faktor yang mendorong, diperlukan perhatian pada keterbatasan infrastruktur, kebijakan sekolah, kreativitas dan kolaborasi siswa, pendidikan tentang keamanan dan etika digital, integrasi TIK dalam kurikulum, serta dukungan orang tua.

Published

2024-07-31

How to Cite

STRATEGI GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN 6 KATOBU KABUPATEN MUNA. (2024). JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID, 9(1), 1-11. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/62

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.