STRATEGI GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS V SDN 6 KATOBU KABUPATEN MUNA
Keywords:
Pemanfaatan TIK, dalam PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi guru PAI dalam memanfaatkan TIK pada siswa kelas V SD Negeri 6 Katobu, Kabupaten Muna, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan mendorong pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui pengumpulan data lisan dan kata-kata dari subjek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAI dipengaruhi oleh faktor-faktor yang beragam. Faktor-faktor penghambat meliputi keterbatasan aksesibilitas, keterampilan teknologi yang terbatas, dan ketidakpastian dalam pemahaman konsep. Di sisi lain, faktor-faktor yang mendorong pemanfaatan TIK mencakup dukungan guru yang kuat, lingkungan belajar yang kondusif, keberhasilan dan penghargaan, serta relevansi dan daya tarik materi PAI. Untuk mengatasi hambatan dan memperkuat faktor- faktor yang mendorong, diperlukan perhatian pada keterbatasan infrastruktur, kebijakan sekolah, kreativitas dan kolaborasi siswa, pendidikan tentang keamanan dan etika digital, integrasi TIK dalam kurikulum, serta dukungan orang tua.